Matamaya

Facebook Analytics: Pengertian, Keunggulan, dan Panduan Penggunaan

Facebook Analytics: Pengertian, Keunggulan, dan Panduan Penggunaan
25 November 2022
Facebook Analytics: Pengertian, Keunggulan, dan Panduan Penggunaan - Analisis Performa Facebook - Matamaya

Kita tahu bahwa media sosial adalah salah satu cara paling efisien untuk menjangkau audiens secara interaktif. Namun, memposting konten di platform media sosial tanpa melakukan analisis setelahnya adalah hal yang harus dihindari. 

Jika kamu adalah pemilik bisnis atau digital marketer, mengetahui cara membaca analitik merupakan hal yang penting dilakukan agar dapat mengembangkan media sosial dengan tepat. Salah satunya adalah mengetahui tentang Facebook analytics.

Facebook memiliki analytics tools gratis yang sudah tersedia di setiap halaman bisnis Facebook.  Dalam artikel ini kamu akan mempelajari tentang facebook analytics beserta cara menggunakannya.

 

Apa Itu Facebook Analytics?

Facebook yang dapat performa halaman Facebook maupun performa campaign. Adanya Facebook analytics sangat berguna bagi marketers untuk memberikan gambaran jelas mengenai keefektifan strategi media sosial yang telah dijalankan

Untuk mengakses Facebook analytics, kamu perlu membuka Meta Business Suite dan klik pada kolom facebook insight yang berada di segmen bar bagian kiri. Dengan halaman facebook insight, Kamu akan mendapat gambaran utuh mengenai interaksi audiens dengan halaman Facebook bisnismu. Interaksi tersebut disajikan oleh Facebook melalui beberapa metrik seperti suka di halaman facebook, jangkauan konten, dan pertumbuhan followers. 

Jika ingin membandingkan performa akunmu dengan kompetitor secara sederhana, kamu dapat memilih tab “Benchmarking” untuk mendapatkan wawasan dari kompetitor. Namun, Facebook hanya dapat menampilkan informasi benchmarking selama 28 hari terakhir. Meski begitu, kamu masih bisa mendapatkan informasi performa akunmu sampai 3 tahun terakhir.

 

Keunggulan Facebook Analytics

Bukan rahasia lagi bahwa banyak digital marketers yang menggunakan Facebook analytics sebagai alat bantu dalam membantu performa Facebook. Hal ini karena Facebook analytics cukup memiliki keunggulan yang bisa diandalkan. Berikut merupakan keunggulan Facebook analytics:

  1. Visualisasi data yang menarik
    Facebook analytics memiliki dashboard yang terlihat bersih serta visualisasi data yang menarik. Dengan begitu, pengguna bisa lebih nyaman dalam mengaksesnya dan mudah memahami data yang ada di dashboard.
  2. Dapat melacak progress
    Keunggulan Facebook Analytics - Matamaya
    Facebook menyediakan fitur ‘Set Goals’ yang bisa kamu manfaatkan untuk acuan performa akunmu. Kamu bisa menetapkan target di setiap bulannya seperti seberapa banyak reach atau followers yang ingin kamu dapatkan dalam periode tertentu. Kemudian, Facebook akan menampilkan grafik progress performa dari hari ke hari.
  3. Real-time data
    Jika kamu baru memposting sebuah konten, kamu dapat melihat performanya secara real-time melalui dashboard Facebook analytics. Ini akan memudahkanmu dalam memantau performanya secara mudah serta keefektifan distribusi kontenmu.
  4. Mendapatkan notifikasi secara langsung
    Selain analitik performa konten, dashboard Facebook analytics menyajikan notifikasi berupa like, komentar, dan DM yang dapat kamu pantau secara langsung. Dengan begitu, kamu dapat merespons audiens yang berinteraksi dengan akunmu dengan cepat.

 

Cara Menggunakan Facebook Analytics

Cara Menggunakan Facebook Analytcs - Matamaya

Untuk mengakses Facebook analytics secara komprehensif, kamu perlu membukanya melalui laptop atau komputer. Berikut cara menggunakan Facebook Analytics:

  1. Masuk ke Meta Business Suite
  2. Klik “Insights” pada segment bar
  3. Atur periode monitoring sesuai kebutuhan

Pada menu ini, kamu dapat melihat overview performa konten, engagement konten, perkembangan jumlah followers, dan demografi followers. Kamu juga dapat melihat performa kompetitor dari metriks like, follower, dan jumlah konten yang telah dipublikasikan.

Namun, Facebook Analytics tidak dapat melihat insight kompetitor secara komprehensif karena yang ditampilkan hanyalah matriks engagement sederhana. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan tools di luar Facebook untuk mengetahui perkembangan dan performa halaman kompetitor.

 

Matamaya Facebook Analytics

Matamaya Facebook Analytics - Matamaya

Jika kamu ingin lebih memperoleh insight kompetitor untuk memaksimalkan performa halaman Facebook kamu, kamu dapat menggunakan Matamaya sebagai Facebook analytics tool pilihanmu. Matamaya dapat memantau performa berbagai akun di Facebook dengan akurat.

Cara menggunakannya pun sama mudahnya dengan dashboard dari Facebook. Berikut panduan menggunakan Matamaya Facebook Analytics:

  1. Login ke Matamaya
  2. Pilih “Facebook” pada menu channel
  3. Klik “Add Profiles” untuk menghubungkan halaman Facebook dengan Matamaya
  4. Klik akun yang sudah terhubung di Matamaya

Matamaya dapat menyajikan overview performa konten, pertumbuhan followers harian maupun bulanan, dan performa setiap konten secara detail. Selain itu, kamu dapat melihat sentimen dan word cloud untuk mengetahui percakapan audiens tentang brand-mu.

Untuk membandingkan performa-mu dengan kompetitor, kamu bisa memilih menu “Benchmarking” pada segmen bar. Pada menu ini kamu dapat membandingkan likes, share, dan komentar yang telah kamu dapatkan dengan kompetitor.

Matamaya mampu menghadirkan informasi tersebut dalam visualisasi data yang menarik sehingga dapat memudahkan dalam memahami data. Berdasarkan keunggulan ini, Matamaya layak kamu gunakan sebagai Facebook analytic tools pilihanmu.

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.