Kita tahu bahwa media sosial adalah salah satu cara paling efisien untuk menjangkau audiens secara interaktif. Namun, memposting konten di platform media sosial tanpa melakukan analisis setelahnya adalah hal yang harus dihindari.
Jika kamu adalah pemilik bisnis atau digital marketer, mengetahui cara membaca analitik merupakan hal yang penting dilakukan agar dapat mengembangkan media sosial dengan tepat. Salah satunya adalah mengetahui tentang Facebook analytics.
Facebook memiliki analytics tools gratis yang sudah tersedia di setiap halaman bisnis Facebook. Dalam artikel ini kamu akan mempelajari tentang facebook analytics beserta cara menggunakannya.
Facebook yang dapat performa halaman Facebook maupun performa campaign. Adanya Facebook analytics sangat berguna bagi marketers untuk memberikan gambaran jelas mengenai keefektifan strategi media sosial yang telah dijalankan
Untuk mengakses Facebook analytics, kamu perlu membuka Meta Business Suite dan klik pada kolom facebook insight yang berada di segmen bar bagian kiri. Dengan halaman facebook insight, Kamu akan mendapat gambaran utuh mengenai interaksi audiens dengan halaman Facebook bisnismu. Interaksi tersebut disajikan oleh Facebook melalui beberapa metrik seperti suka di halaman facebook, jangkauan konten, dan pertumbuhan followers.
Jika ingin membandingkan performa akunmu dengan kompetitor secara sederhana, kamu dapat memilih tab “Benchmarking” untuk mendapatkan wawasan dari kompetitor. Namun, Facebook hanya dapat menampilkan informasi benchmarking selama 28 hari terakhir. Meski begitu, kamu masih bisa mendapatkan informasi performa akunmu sampai 3 tahun terakhir.
Bukan rahasia lagi bahwa banyak digital marketers yang menggunakan Facebook analytics sebagai alat bantu dalam membantu performa Facebook. Hal ini karena Facebook analytics cukup memiliki keunggulan yang bisa diandalkan. Berikut merupakan keunggulan Facebook analytics:
Untuk mengakses Facebook analytics secara komprehensif, kamu perlu membukanya melalui laptop atau komputer. Berikut cara menggunakan Facebook Analytics:
Pada menu ini, kamu dapat melihat overview performa konten, engagement konten, perkembangan jumlah followers, dan demografi followers. Kamu juga dapat melihat performa kompetitor dari metriks like, follower, dan jumlah konten yang telah dipublikasikan.
Namun, Facebook Analytics tidak dapat melihat insight kompetitor secara komprehensif karena yang ditampilkan hanyalah matriks engagement sederhana. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan tools di luar Facebook untuk mengetahui perkembangan dan performa halaman kompetitor.
Jika kamu ingin lebih memperoleh insight kompetitor untuk memaksimalkan performa halaman Facebook kamu, kamu dapat menggunakan Matamaya sebagai Facebook analytics tool pilihanmu. Matamaya dapat memantau performa berbagai akun di Facebook dengan akurat.
Cara menggunakannya pun sama mudahnya dengan dashboard dari Facebook. Berikut panduan menggunakan Matamaya Facebook Analytics:
Matamaya dapat menyajikan overview performa konten, pertumbuhan followers harian maupun bulanan, dan performa setiap konten secara detail. Selain itu, kamu dapat melihat sentimen dan word cloud untuk mengetahui percakapan audiens tentang brand-mu.
Untuk membandingkan performa-mu dengan kompetitor, kamu bisa memilih menu “Benchmarking” pada segmen bar. Pada menu ini kamu dapat membandingkan likes, share, dan komentar yang telah kamu dapatkan dengan kompetitor.
Matamaya mampu menghadirkan informasi tersebut dalam visualisasi data yang menarik sehingga dapat memudahkan dalam memahami data. Berdasarkan keunggulan ini, Matamaya layak kamu gunakan sebagai Facebook analytic tools pilihanmu.