Matamaya

Facebook Analytics: Manfaat, Metrik Penting, dan Rekomendasi Tools

Facebook Analytics: Manfaat, Metrik Penting, dan Rekomendasi Tools
31 August 2023
Facebook Analytics: Manfaat, Metrik Penting, dan Rekomendasi Tools - Analisis Performa Facebook - Matamaya

Apakah kamu ingin membuat keputusan yang tepat dan meningkatkan strategi media sosial? Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa Facebook analytics.

Dalam artikel ini, kamu akan menemukan penjelasan detail mengenai manfaat, metrik penting, dan tools yang bisa kamu gunakan untuk menggali insight Facebook. Yuk, simak penjelasannya sampai habis!

Manfaat Facebook Analytics untuk Meningkatkan Strategi Media Sosial

Beragam manfaat dapat kamu temukan ketika memaksimalkan Facebook Analytics. Insight mendalamnya bisa kamu gunakan dalam perumusan langkah-langkah yang lebih tepat guna untuk meningkatkan interaksi dan jangkauan di platform ini. Apa saja manfaat tersebut? Berikut penjelasannya:

  1. Membantu menentukan target yang jelas
    Dengan menggunakan metrik Facebook, kamu akan melihat siapa saja yang telah berinteraksi dengan halaman kamu. Apakah mereka sudah sesuai dengan demografi atau persona target audiens yang kamu harapkan? Jika belum maka kamu dapat menyesuaikan kembali kontenmu agar lebih bisa menjangkau target audiens.

  2. Menemukan peluang strategi
    Berbekal data, kamu dapat menemukan peluang maupun celah yang bisa kamu manfaatkan sebagai strategi. Umumnya, hal ini bisa kamu dapatkan ketika membandingkan performa akunmu dengan kompetitor. Namun, bukan tidak mungkin kamu menemukannya dari kontenmu pribadi.

  3. Menemukan cara komunikasi yang efektif
    Misalnya, kamu menemukan bahwa audiens lebih tertarik berinteraksi dengan konten yang disisipi unsur humor. Kamu pun bisa mempertimbangkan untuk menyederhanakan cara komunikasimu dan menyisipkan unsur humor yang sesuai dengan kepribadian target audiens.

  4. Mengidentifikasi format atau topik konten terefektif
    Dengan Facebook analytics data kamu akan lebih memahami ketertarikan audiens terhadap suatu format maupun topik konten. Misalnya, jangkauan akun kamu meningkat setelah memaksimalkan Reels, maka selanjutnya kamu dapat meningkatkan frekuensi postingan berformat Reels.

  5. Mengidentifikasi unsur kreatif terbaik
    Pemanfaatan data juga bisa mengungkap unsur kreatif konten yang disukai oleh audiens. Kamu dapat melakukan A/B testing untuk mengetahui informasi tersebut. Dengan mencoba penggunaan copywriting maupun gambar, kamu akan menemukan unsur kreatif yang lebih menarik audiens.

 

Metriks Penting untuk Mengukur Performa Konten

Metrik yang terdapat di Facebook analytics dashboard dapat dijadikan sebagai tolak ukur dalam menentukan keefektifan konten dalam menjangkau audiens target dan sebagai pertimbangan untuk mengatur ulang strategi agar konten yang lebih menarik. Berikut metrik penting yang bisa kamu gunakan:

  1. Reach 
    Reach merupakan metrik yang dapat menunjukkan jumlah audiens yang terpapar oleh kontenmu. Semakin banyak angka reach maka Facebook akan semakin menyebarkan konten tersebut ke audiens yang lebih luas.

  2. Impressions
    Berbicara tentang impressions, terdapat kategori impression bisa kamu gunakan untuk mengetahui keviralan konten, yaitu viral impression. Perhitungan dari viral impression ini berdasarkan share, like, dan komentar dari pengguna. 

  3. Engagement
    Engagement menunjukkan bahwa orang yang melihat konten tidak hanya melihatnya saja, tapi mereka berinteraksi dengannya sekaligus. Metrik ini merupakan metrik yang tepat untuk mengetahui apakah suatu beresonansi dengan audiens atau tidak. 

  4. Page followers
    Followers bisa digunakan untuk melihat sejauh mana pertumbuhan suatu akun. Mereka merupakan sasaran utama dari kontenmu untuk mendapatkan engagement yang lebih baik lagi.

Yuk, Mulai Analisis Facebook dengan Matamaya!

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk mengakses Facebook analytics adalah menyambungkan antara Facebook Page yang kamu kelola dengan dashboard Matamaya. Setelah tersambung, atur periode yang ingin kamu lihat pertumbuhan performanya.

Pada dashboard Matamaya akan terlihat 9 fitur yang menyajikan fungsi berbeda. Beberapa fitur unggulan seperti fitur Content, Word Cloud, dan Generate Report akan membantumu dalam memahami audiens Facebook.

Fitur Content berfungsi untuk mengetahui performa content pillar yang paling efektif. Sementara itu, Word Cloud untuk mengetahui komunikasi dan percakapan yang disukai audiens. Selanjutnya, Generate Report untuk mempermudah export Facebook analytics laporan dalam bentuk PPTX dan XLSX.

Copyright © Matamaya 2023. Allright reserved.