Matamaya

Cara Mengoptimalkan Facebook Analytics untuk Mengembangkan Halaman Bisnis

Cara Mengoptimalkan Facebook Analytics untuk Mengembangkan Halaman Bisnis
16 April 2023
Cara Mengoptimalkan Facebook Analytics untuk Mengembangkan Halaman Bisnis - Analisis Performa Facebook - Matamaya

Mengembangkan pengikut halaman Facebook untuk bisnis membutuhkan strategi yang matang. Mulai dari penentuan target audiens, topik konten yang harus dibuat, hingga menganalisisnya di Facebook analytics perlu dilakukan secara konsisten pula.

Terdapat dua strategi untuk mengembangkan pengikut yaitu secara organik maupun berbayar. Strategi ini juga tidak bisa terlepas dengan cara kamu memanfaatkan informasi dari Facebook analytics. Kamu dapat mempelajarinya dengan lengkap di artikel ini!

 

Tips Meningkatkan Pengikut Halaman Facebook Secara Organik

Memiliki banyak pengikut halaman Facebook, tentunya dapat membantumu dalam menjangkau target audiens yang lebih banyak. Umumnya, seseorang bisa menjadi pengikut halaman Facebook karena tertarik dengan informasi yang kamu berikan. 

Pertumbuhan pengikut ini kemudian bisa kamu amati melalui Facebook analytics. Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk meningkatkan pengikut adalah menambahkan foto sampul agar tampilan halaman menarik. Tips lainnya yang sudah kami rangkum dari Facebook analytics blog, bisa kamu simak melalui penjelasan di bawah ini:

  1. Mengundang teman
    Mengundang teman untuk mengikuti halaman kamu adalah cara paling cepat dan efisien untuk mulai meningkatkan awareness dan pengikut. Meskipun mungkin tidak semua temanmu merupakan target audiens, tapi bisa saja mereka tertarik mengikuti perkembangan bisnis kamu.
    Tips Meningkatkan Pengikut Halaman Facebook Secara Organik - Matamaya
    Cara untuk mengundang teman adalah dengan memilih tab ‘Professional Dashboard’, lalu klik ‘invite friends to follow’.  Masukkan nama teman di kotak pencarian, lalu klik ‘Send Invitations’ di samping nama mereka. Selain itu, Anda bisa mengklik namanya langsung dari daftar nama yang tersedia.

  2. Membagikan tautan halaman di luar Facebook
    Kamu dapat memanfaatkan platform lain untuk mengenalkan halaman Facebook yang kamu kelola. Bagikan tautan halaman Facebook di story Instagram, grup WhatsApp, dan postingan blog agar orang dapat langsung menuju ke halaman Facebook kamu. 

    Selain itu, kamu juga bisa membagikannya melalui kode QR yang dicantumkan dalam materi marketing offline seperti brosur. Pastikan kamu memiliki URL khusus agar dapat dipantau jumlah orang yang sudah klik tautan kamu.

  3. Konsisten mengunggah konten
    Ketika orang melihat bahwa halaman kamu aktif saat mereka mengunjunginya, tentunya akan memperbesar peluang halaman kamu untuk disukai dan diikuti. Pasalnya, mereka bisa dengan mudahnya berinteraksi denganmu jika kamu konsisten membuat konten.

    Kamu bisa menggunakan Insight halaman di Facebook analytics untuk mengetahui informasi hari dan jam ketika pengikutmu paling banyak online. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui jenis konten yang paling banyak mendapatkan interaksi.

 

Tips Meningkatkan Pengikut Halaman Facebook Melalui Iklan

Tips Meningkatkan Pengikut Halaman Facebook Melalui Iklan - Matamaya

Setelah konsisten dalam mengunggah konten, Anda bisa mulai untuk mempromosikan konten secara berbayar melalui fitur ‘Boost Post’. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan materi iklan baru untuk langsung mengarahkan audiens ke halaman Facebook melalui fitur ‘Promote Page’.

Hasil dari iklan yang telah jalankan dapat kamu lihat melalui Facebook analytics ads yaitu Ads Manager. Dalam dashboard tersebut akan terdapat informasi jumlah orang yang meng-klik tautanmu, jumlah orang yang sudah kamu jangkau, jumlah tayangan, dan lainnya.

 

Cara Mengoptimalkan Facebook Analytics untuk Meningkatkan Jumlah Pengikut

Dari penjelasan di atas sudah jelas bahwa mengiklankan halaman dapat memperbesar kesempatan mendapatkan pengikut baru selain melalui organik. Namun, bagaimana agar iklan tersebut benar-benar menyasar audiens yang tepat? Jawabannya adalah dengan memanfaatkan insight yang ada di Facebook analytics!

Insight dari Facebook analytics adalah informasi yang dapat membantumu lebih memahami tentang orang-orang yang menyukai halaman dan postingan kamu. Kamu bisa melihat minat dan usia audiens halaman kamu di dashboard Facebook analytics. Selain itu, macam reaksi dan jumlah reaksi yang mereka berikan terhadap postinganmu juga bisa kamu ketahui. 
Cara Mengoptimalkan Facebook Analytics - Matamaya

Insight tentang audiens Facebook tidak hanya bisa kamu ketahui melalui dashboard Facebook. Kamu juga dapat mempelajarinya lewat Facebook analytics alternative seperti Matamaya.

Terdapat informasi seperti perbandingan jenis kelamin audiens yang sering terlibat dengan halamanmu, asal wilayah mereka, umur serta bahasa yang mereka gunakan. Kamu dapat menggunakan informasi ini untuk dasar penyusunan target audiens di Ads Manager. Tidak hanya itu, informasi ini juga berguna untuk penyusunan konten organik.

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.