Mengembangkan pengikut halaman Facebook untuk bisnis membutuhkan strategi yang matang. Mulai dari penentuan target audiens, topik konten yang harus dibuat, hingga menganalisisnya di Facebook analytics perlu dilakukan secara konsisten pula.
Terdapat dua strategi untuk mengembangkan pengikut yaitu secara organik maupun berbayar. Strategi ini juga tidak bisa terlepas dengan cara kamu memanfaatkan informasi dari Facebook analytics. Kamu dapat mempelajarinya dengan lengkap di artikel ini!
Memiliki banyak pengikut halaman Facebook, tentunya dapat membantumu dalam menjangkau target audiens yang lebih banyak. Umumnya, seseorang bisa menjadi pengikut halaman Facebook karena tertarik dengan informasi yang kamu berikan.
Pertumbuhan pengikut ini kemudian bisa kamu amati melalui Facebook analytics. Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk meningkatkan pengikut adalah menambahkan foto sampul agar tampilan halaman menarik. Tips lainnya yang sudah kami rangkum dari Facebook analytics blog, bisa kamu simak melalui penjelasan di bawah ini:
Setelah konsisten dalam mengunggah konten, Anda bisa mulai untuk mempromosikan konten secara berbayar melalui fitur ‘Boost Post’. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan materi iklan baru untuk langsung mengarahkan audiens ke halaman Facebook melalui fitur ‘Promote Page’.
Hasil dari iklan yang telah jalankan dapat kamu lihat melalui Facebook analytics ads yaitu Ads Manager. Dalam dashboard tersebut akan terdapat informasi jumlah orang yang meng-klik tautanmu, jumlah orang yang sudah kamu jangkau, jumlah tayangan, dan lainnya.
Dari penjelasan di atas sudah jelas bahwa mengiklankan halaman dapat memperbesar kesempatan mendapatkan pengikut baru selain melalui organik. Namun, bagaimana agar iklan tersebut benar-benar menyasar audiens yang tepat? Jawabannya adalah dengan memanfaatkan insight yang ada di Facebook analytics!
Insight dari Facebook analytics adalah informasi yang dapat membantumu lebih memahami tentang orang-orang yang menyukai halaman dan postingan kamu. Kamu bisa melihat minat dan usia audiens halaman kamu di dashboard Facebook analytics. Selain itu, macam reaksi dan jumlah reaksi yang mereka berikan terhadap postinganmu juga bisa kamu ketahui.
Insight tentang audiens Facebook tidak hanya bisa kamu ketahui melalui dashboard Facebook. Kamu juga dapat mempelajarinya lewat Facebook analytics alternative seperti Matamaya.
Terdapat informasi seperti perbandingan jenis kelamin audiens yang sering terlibat dengan halamanmu, asal wilayah mereka, umur serta bahasa yang mereka gunakan. Kamu dapat menggunakan informasi ini untuk dasar penyusunan target audiens di Ads Manager. Tidak hanya itu, informasi ini juga berguna untuk penyusunan konten organik.