Matamaya

Cara Menghubungkan Facebook Analytics dengan Microsoft Power BI

Cara Menghubungkan Facebook Analytics dengan Microsoft Power BI
28 February 2023
Cara Menghubungkan Facebook Analytics dengan Microsoft Power BI  - Analisis Performa Facebook - Matamaya

Apa itu Power BI?

Power BI adalah alat analitik yang bisa mengolah dan menghubungkan berbagai data menjadi sebuah data yang dapat divisualisasikan dan menjadi kesimpulan yang koheren. Power BI tersedia secara gratis di desktop maupun seluler. 

Tools ini memungkinkanmu untuk menghubungkan sumber data dari Google Sheet, Google Analytics, SQL, Big Query, dan Azure. Setelah terhubung, kamu dapat bekerja di Power BI bersama rekan-rekanmu secara real time dan terintegrasi, walau diakses dari perangkat yang berbeda.

Jika kamu adalah pengembang aplikasi, kamu bisa menggunakan API Power BI untuk mendapatkan data dan laporan ke dalam aplikasi kustom kamu sendiri. Kamu bisa membaca syarat serta caranya di Facebook analytics blog.

 

Cara Menghubungkan Facebook Analytics dengan Microsoft Power BI 

Dalam menjalankan sebuah campaign, mungkin saja kamu menggunakan beberapa platform media sosial secara bersamaan. Power BI memungkinkan kamu menggabungkan semua metrik dari Facebook, Instagram, LinkedIn, dan lainnya. 

Selama setahun terakhir, iklan media sosial masih didominasi oleh Meta yaitu melalui Instagram dan Facebook. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui tentang Facebook analytics Power BI. Cara berikut juga bisa kamu gunakan untuk media sosial lainnya:

  1. Pindahkan data Facebook ke Google Sheets. Langkah ini mudah kamu lakukan dengan Matamaya karena Matamaya menyediakan report dalam format Excel yang formatnya mirip dengan Google Sheets. 
    Cara menghubungkan Facebook analytics ke Power BI - Matamaya
  2. Pindahkan data di Excel ke Google Sheets dan ganti nama sheet tersebut dengan “Facebook_Page” atau “Facebook_Post”. 
  3. Hubungkan Google Sheet ke Power BI dengan cara klik button ‘Share’ di Google Sheet untuk mendapatkan link yang berfungsi sebagai penghubung. Kemudian, kamu akan mendapatkan link seperti ini:
    https://docs.google.com/spreadsheets/d//edit?usp=sharing
    Lalu, ganti bagian edit?usp=sharing menjadi export?format=xlsx&id= dan tempatkan sheet ID. Selanjutnya, link baru akan tertulis seperti ini:https://docs.google.com/spreadsheets/d//export?format=xlsx&id=
  4. Buka Power BI, pilih “Get data” lalu paste link di bagian “Web”.
  5. Power BI akan langsung menampilkan datamu dalam bentuk tabel.

 

Facebook Analytics Business Partner
Meta Business Partner - Matamaya

Bagi sebagian kamu, menghubungkan Facebook analytics ke Power BI mungkin sangat merepotkan. Hal ini disebabkan, kamu perlu melakukan tahap yang sama setiap ingin memasukkan data dari periode terbaru. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan Facebook analytics business partner untuk memudahkanmu dalam menganalisis data.

Measurement merupakan salah satu spesialisasi kerja sama yang ditawarkan dalam Meta Business Partner. Umumnya, partner yang masuk dalam spesialisasi ini merupakan perusahaan teknologi yang ingin membantu penggunanya memahami performa iklan Facebook dengan lebih baik supaya campaign semakin teroptimasi. Beberapa list tools yang sudah resmi menjadi Facebook analytics business partner adalah sebagai berikut:

  1. Listenfirst
    Listenfirst dapat menganalisis performa campaign yang organik, berbayar, dan earned media dari platform Facebook. Performa tersebut dapat kamu bandingkan dengan kompetitor yang ada di industrimu.

  2. Branch
    Dengan mengintegrasikan dashboard Branch dengan Facebook Insight, Branch mampu memberikan gambaran performa campaign sesuai user journey. Gambaran ini dapat memberikan insight yang komprehensif untuk membantumu dalam mengoptimasi campaign supaya hasilnya semakin maksimal.

  3. SegmentStream
    SegmentStream dapat melengkapi kekurangan yang ada pada Facebook Insight. Apabila Facebook tidak mampu memantau konversi secara detail pada setiap sesi maka SegmentStream dapat kamu gunakan untuk memaksimalkan Return on Ad Spend (ROAS). 

  4. Objective Platform
    Sebagai Facebook analytics business partner, Objective Platform bisa memberikan prediksi revenue dari campaign. Prediksi ini bisa membantumu untuk menyesuaikan anggaran dan campaign yang akan dijalankan.

Nah, tools tersebut akan tepat kamu gunakan untuk memantau campaign berbayar. Namun, apabila kamu ingin memantau performa campaign secara organik yang komprehensif, Matamaya merupakan pilihan yang tepat. 

Bahkan, Matamaya dapat menampilkan Facebook analytics dari influencer yang sedang bekerja sama denganmu dalam sebuah campaign. Selain itu, kamu juga bisa membandingkan performa media sosial dari fase sebelum campaign, campaign berlangsung, hingga setelah campaign.

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.