Walaupun kepopulerannya sudah menurun, Facebook masih bisa dimanfaatkan brand untuk memperluas awareness. Demi memperluas jangkauan dan meningkatkan eksposur, penting bagi Anda untuk melakukan Facebook competitor analysis agar mengetahui posisi Anda saat ini.
Langkah-langkah berikut merupakan cara praktis bagi Anda dalam melakukan facebook competitor analysis. Apabila Anda melakukan secara detail maka Anda pun dapat menemukan insight menarik yang bermanfaat
1. Analisis halaman Facebook
Hal yang perlu dianalisis pertama kali adalah analisis halaman Facebook. Pada tahap ini, metrik yang digunakan adalah page likes dan page followers.
Mungkin sebagian Anda bingung mengenai perbedaan keduanya. Page likes menunjukkan jumlah total akun yang sekadar menyukai halaman, tapi mereka tidak selalu menerima update konten terbaru dari Anda. Sementara itu, Page followers adalah jumlah akun yang secara aktif memilih untuk mengikuti dan menerima pembaruan atau konten yang Anda bagikan di halaman bisnis Anda di Facebook.
2. Analisis postingan Facebook
Tidak hanya analisis halaman Facebook, Anda perlu melihat performa postingan mereka. Berikut rincian metrik yang bisa digunakan:
Di samping metrik-metrik di atas, perhatikan pula frekuensi postingan kompetitor, format konten yang mereka gunakan, topik yang mereka bawakan, serta visual yang mereka gunakan untuk branding.
3. Tinjau ulang
Sekarang setelah Anda tahu tentang menganalisis data dengan benar, tinjaulah kembali data yang Anda peroleh. Anda bisa menggunakan pertanyaan-pertanyaan berikut ini sebagai panduan dalam interpretasi Facebook competitor analysis:
4. Susun strategi
Ketertarikan audiens pada setiap akun Facebook berbeda-beda sehingga yang berhasil untuk kompetitor belum tentu akan berhasil pula untuk bisnis Anda. Oleh karena itu, pilah kembali strategi kompetitor yang sekiranya sesuai dengan tujuan dan minat audiens Anda.
Keberadaan Facebook analytics data tools seperti Matamaya sangat penting peranannya untuk bisa membandingkan performa akun Anda dengan kompetitor. Matamaya mampu menghadirkan informasi tersebut dalam visualisasi yang menarik dan mudah dipahami.
Informasi berupa posisi halaman Facebook Anda saat ini, benchmark berdasarkan metrik yang penting Anda ketahui, serta 10 konten teratas yang disukai oleh audiens tersaji lengkap di Facebook analytic Matamaya.
Berdasarkan keunggulan ini, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba Matamaya. Yuk, coba sekarang!