Matamaya

Cara Melakukan Analisis Kompetitor di Facebook

Cara Melakukan Analisis Kompetitor di Facebook
04 January 2024
Cara Melakukan Analisis Kompetitor di Facebook - Analisis Performa Facebook - Matamaya

Walaupun kepopulerannya sudah menurun, Facebook masih bisa dimanfaatkan brand untuk memperluas awareness. Demi memperluas jangkauan dan meningkatkan eksposur, penting bagi Anda untuk melakukan Facebook competitor analysis agar mengetahui posisi Anda saat ini.

 

Cara Melakukan Facebook Competitor Analysis

Langkah-langkah berikut merupakan cara praktis bagi Anda dalam melakukan facebook competitor analysis. Apabila Anda melakukan secara detail maka Anda pun dapat menemukan insight menarik yang bermanfaat

1. Analisis halaman Facebook

Hal yang perlu dianalisis pertama kali adalah analisis halaman Facebook. Pada tahap ini, metrik yang digunakan adalah page likes dan page followers.

Mungkin sebagian Anda bingung mengenai perbedaan keduanya. Page likes menunjukkan jumlah total akun yang sekadar menyukai halaman, tapi mereka tidak selalu menerima update konten terbaru dari Anda. Sementara itu, Page followers adalah jumlah akun yang secara aktif memilih untuk mengikuti dan menerima pembaruan atau konten yang Anda bagikan di halaman bisnis Anda di Facebook. 

2. Analisis postingan Facebook

Tidak hanya analisis halaman Facebook, Anda perlu melihat performa postingan mereka. Berikut rincian metrik yang bisa digunakan:

  • Reach: jumlah total orang yang melihat konten Anda. Ini mencakup baik pengikut maupun non-pengikut halaman Anda.
  • Engagement: jumlah interaksi audiens dengan postingan Anda, seperti like, komentar, dan bagikan.
  • Impressions: frekuensi konten Anda ditampilkan di layar audiens, termasuk pengulangan oleh satu orang.
  • Video Views: jumlah total tayangan video Anda
  • Shares: frekuensi konten Anda dibagikan oleh audiens
  • Comments: jumlah komentar yang terdapat di postingan Anda.
  • Likes: jumlah total suka yang diberikan audiens pada postingan Anda

Di samping metrik-metrik di atas, perhatikan pula frekuensi postingan kompetitor, format konten yang mereka gunakan, topik yang mereka bawakan, serta visual yang mereka gunakan untuk branding.

3. Tinjau ulang

Sekarang setelah Anda tahu tentang menganalisis data dengan benar, tinjaulah kembali data yang Anda peroleh. Anda bisa menggunakan pertanyaan-pertanyaan berikut ini sebagai panduan dalam interpretasi Facebook competitor analysis: 

  • Konten seperti apa yang disukai audiens mereka? Apakah konten informatif, inspiratif, atau hiburan yang lebih disukai?
  • Format postingan seperti apa yang paling banyak mendatangkan reach atau engagement? Apakah mereka lebih tertarik pada video, gambar, atau teks?
  • Siapa saja yang sering berinteraksi dengan mereka?
  • Bagaimana respon mayoritas audiensnya?

4. Susun strategi

Ketertarikan audiens pada setiap akun Facebook berbeda-beda sehingga yang berhasil untuk kompetitor belum tentu akan berhasil pula untuk bisnis Anda. Oleh karena itu, pilah kembali strategi kompetitor yang sekiranya sesuai dengan tujuan dan minat audiens Anda.

 

Rekomendasi Facebook Analytics Data Tools

Analisis Kompetitor Facebook - Matamaya

Keberadaan Facebook analytics data tools seperti Matamaya sangat penting peranannya untuk bisa membandingkan performa akun Anda dengan kompetitor. Matamaya mampu menghadirkan informasi tersebut dalam visualisasi yang menarik dan mudah dipahami. 

Informasi berupa posisi halaman Facebook Anda saat ini, benchmark berdasarkan metrik yang penting Anda ketahui, serta 10 konten teratas yang disukai oleh audiens tersaji lengkap di Facebook analytic Matamaya.

Berdasarkan keunggulan ini, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba Matamaya. Yuk, coba sekarang!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.