Matamaya

3 Rekomendasi Facebook Analytics Course, Cocok Buat Upgrade Skill!

3 Rekomendasi Facebook Analytics Course, Cocok Buat Upgrade Skill!
16 June 2023
3 Rekomendasi Facebook Analytics Course, Cocok Buat Upgrade Skill! - Analisis Performa Facebook - Matamaya

Pengetahuan tentang Facebook analytics merupakan ilmu yang terus berkembang. Pasalnya, algoritma kerap berubah dan kebutuhan tiap marketer pun berbeda.

Oleh karena itu, penting bagi kamu update mengenai perkembangan ini melalui Facebook analytics course atau certification. Course ini berguna untuk kamu yang baru mau terjun di dunia digital marketing ataupun mengasah skill sebagai professional.

Berikut 3 rekomendasi Facebook analytics course yang bisa kamu ikuti:

  1. Coursera
    Facebook Analytics Course - Matamaya
    Sejak 2021, Meta mengadakan course berdurasi 5 bulan yang bernama “Meta Marketing Analytics Professional Certificate” di Coursera. Course ini diperuntukkan bagi siapa pun yang ingin bekerja sebagai marketing analyst, marketing researcher, dan lainnya.

    Materinya meliputi prinsip dasar marketing, visualisasi data, belajar Python dan SQL, hingga menerjemahkan data menjadi dasar pengambilan keputusan bisnis. Di akhir course, kamu diminta mengikuti tes Facebook analytics certification untuk mendapatkan sertifikat.

  2. Udemy
    Facebook Analytics Course - Matamaya
    Selain Coursera, Udemy mengadakan Facebook analytics certification dengan durasi yang lebih singkat, yaitu “The Basics of Facebook Analytics”. Metrik penting seperti likes, reach, dan visits akan dijelaskan secara detail.

    Walaupun durasinya singkat, Udemy menawarkan hand out materi dan sertifikat. Di samping itu, Udemy memberikan bonus materi Facebook Ads, termasuk cara menganalisisnya.

  3. Domestika
    Facebook Analytics Course - Matamaya
    Apakah kamu sedang mencari course yang khusus pemula? Mengikuti course “Social Media Analytics for Beginners” dari Domestika merupakan jawaban yang tepat. Kamu akan belajar mengenai cara menentukan metrik yang tepat sesuai tujuan bisnis, membuat report, dan interpretasi data.

    Tools yang kamu perlukan di course ini meliputi Excel, Google Sheets, dan akun bisnis. Materinya tidak hanya bisa kamu gunakan untuk Facebook analytics, tapi juga bisa untuk platform media sosial lainnya.

 

Keuntungan Mengikuti Facebook Analytics Course

Mungkin kamu akan bertanya-tanya, apakah hasil dari mengikuti course akan sepadan dengan biaya dan waktu yang sudah kamu keluarkan? Kamu bisa menyimak beberapa keuntungan di bawah ini untuk menemukan jawabannya.

  1. Materi lebih terstruktur
    Sebenarnya, sudah banyak artikel dan video yang menjelaskan Facebook analytics. Namun, materi-materi tersebut tidak disusun sistematis karena tujuannya komersial dan hanya menjelaskan dasarnya saja. Lewat Facebook analytics course, kamu bisa mendapatkan materi yang terstruktur dari dasar hingga advanced. 

  2. Belajar lebih konsisten
    Berbeda ketika mempelajari Facebook analytics sendiri, tidak ada yang memantau proses dan perkembangan belajarmu. Hal ini menyebabkan rasa malas bisa timbul kapan saja, akibatnya proses belajar menjadi tidak konsisten. Dengan mengikuti course, kamu dipacu untuk disiplin mengikuti materi dan menyelesaikan tugas tepat waktu.

  3. Menambah relasi
    Selanjutnya, kamu bisa bertemu dengan para mentor dan mentee yang memiliki minat di bidang digital marketing analytics. Kamu dapat saling berbagi pengalaman atau pun berbagi kontak untuk membangun relasi profesional.

  4. Mengasah skill
    Keuntungan lainnya kamu akan mendapatkan ilmu baru atau pun bisa digunakan ajang untuk mengingat kembali materi dasar. Selain teori, praktik menggunakan tools bisa kamu pelajari agar makin berpengalaman dan mahir. Sebagai awalan, kamu dapat berlatih menggunakan Facebook analytics demo account atau yang tools menyediakan free trial.

  5. Meningkatkan kredibilitas 
    Setelah mengikuti rangkaian materi, maka kamu berhak mendapatkan bukti nilai dan sertifikat. Sertifikat ini bisa kamu gunakan untuk melamar kerja atau kamu cantumkan di media sosial, seperti LinkedIn.

 

Tertarik Juga Mempelajari Facebook Analytics Tools? Yuk, Pakai Matamaya!

Facebook analytics tidak hanya bisa kamu temui melalui aplikasi Facebook, tetapi juga melalui aplikasi tambahan lain. Aplikasi ini berguna untuk melengkapi data yang belum ada atau sulit didapatkan di Meta Business Suite.

Kamu dapat mempertimbangkan untuk memakai Matamaya sebagai sarana belajar. Kamu bisa memanfaatkan 30 hari gratis untuk mencoba pengalaman menggunakan Facebook analytics tools. Yuk, segera daftar di matamaya.id.

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.